Sabtu, 27 September 2014

Apa itu Macro Excel???




      Macro Excel adalah fasilitas yang dimiliki Microsoft Excel yang digunakan untuk membuat perintah atau merekam perintah berupa kode (baris perintah) yang menggunakan bahasa VBA (Visual Basic for Application). 

    Dan aktivitas ini dilakukan oleh penggunanya dalam Microsoft Excel melalui tools -> macro -> record new macro.  Record new macro berguna untuk merekam aktivitas yang dilakukan dan merubahnya menjadi baris - baris program.

      Namun macro juga dapat digunakan oleh useng untuk membuat perintah atau procedure melalui bahasa VBA yang cukup populer, sederhana dan mudah dipelajari. Semakin besar pengethuan anda tentang bahasa VBA maka akan semakin canggih pula procedue atau perintah yang dapat anda buat untuk memudahkan pekerjaan anda pada Microsoft Excel,

      Contoh dari fungsi macro adalah apabila anda melakukan pekerjaan yang banyak tetapi monoton. Daripada anda membuang - buang waktu dengan mengerjakan pekerjaan yang monoton dan secara manual, kenapa anda tidak merekamnya dengan macro dan sedikit melakukan memodifikasi? Pekerjaan yang sebelumya harus dikerjakan berjam - jam akan selesai hanya dengan sekali klik. Hal ini karena fungsi macro yang beguna untuk melaksanakan tugas - tugas yang panjang, berulang, kompleks dan sulit dilakukan secara manual.

       Contoh lain dari fungsi macro ini adalah apabila anda ingin membuat fungsi yang belum tersedia pada fungsi standart yang disediakan oleh Excel, maka anda dapat membuat fungsi yang anda inginkan melalui Macro  berupa User Defined Function (UDF).

       Untuk dapat menggunakan macro, anda harus terlebih dahulu melakukan setting terhadap macro security level pada Microsoft Excel anda. Caranya adalah melalui tools -> macro -> security lalu set security level pada level Medium. Jangan gunakan Low apabila anda sering menerima file dalam bentuk excel yang mengandung virus macro menjadi sangat tinggi. Dengan level medium anda dapat menentukan apakah anda akan men Enable atau Disable macro yang akan anda buka. Namun jika macro security level anda diset pada level Low maka anda tidak akan mendapat pemberitahuan bahwa file yang anda buka berisi macro atau tidak.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar